Bimtek Nasional Sistem Aplikasi E-BLUD
Keterlinatan pemangku kebijakn di Pemerintah Daerah di nilai sangat penting dalam penyelenggaraan BLUD agar Optimal dan Ideal. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan Pemerintah Daerah terkait BLUD, penguatan Peran Pemerinah Daerah dalam pembinaan BLUD, menyiapkan regulasi ( Peraturan Gubernur, Bupati/Walikota ) dalam rangka implementasi pengelolaan BLUD , meningkatkan kapasitas SDM pengelola, pembina dan pengawas BLUD, dan mengalokasikasn anggaran pada APBD sebagai dukungan pengelolaan BLUD.
Baca Juga : Info Bimtek Lainnya
Pengelolaan Keuangan BLUD berdasarkan Surat Edaran Dirjen Keuangan Daerah Nomor 981/4092/KEUDA pada tanggal 02 Oktober 2022 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLUD). Hal tersebut merupakan hal baru bagi BLUD, sehingga agar penerapannya dapat lebih tertib, efektif dan efisien serta akuntabel perlu di bantu oleh sistem yang namakan E-BLUD.
Bimtek Nasioal
Pengertian Sistem E-BLUD adalah Aplikasi yang di bangun untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah yang menerapkan Sistem Badan Layanan Umum dalam memberikan pelayanan pada Masyarakat.
Sistem E-BLUD sendiri merupakan suatu sistem yang mendokumentasikan administrasi perencanaan, penganggaran , penatausahaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan keuangan BLUD secara real time. Sistem Aplikasi E-BLUD di rancang secara online untuk memudahkan pengguna dalam mengakses data di mana saja berdasarkan user yang sistematis sesuai tugas dan fungsinya sebagai pengelolaan Keuangan BLUD.
Beberapa Sistem Pada E-BLUD
- Penganggaran yang terdiri dari penyusunan Rincian Bisnis Anggaran RBA, Dokumen Bisnis Anggaran (DBA), Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).
- Penatausahaan yang terdiri dari penyusunan Anggaran Kas, Surat Permintaan Pencairan Dana (Surat PPD), Surat Pencairan Dana (Surat PD), Otoritas Pencarian Dana (Surat OPD), Surat Pertanggungjawaban (SPTJ), Surat Permintaan Pengesahan Pendapat Belanja dan Pembiayaan (SP3BP), beserta buku-buku transaksi lainnya seperti Buku Kas Umum, Buku Bank, Buku Panjar, dan Buku Tunai.
- Akuntansi merupakan modul yang terdiri dari Jurnal, Buku Besar, dan laporan-laporan keuangan yang wajib di terbitkan oleh pelaksana BLUD seperti Laporan Realisasi, Laporan Arus Kas, Laporan Neraca Saldo, Laporan Neraca Akhir, Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Laporan Perubahan Saldo (LPSAL), dan laporan akhir lainnya.
Bimtek Nasional Sistem Aplikasi E-BLUD
Sehubungan dengan hal baru bagi BLUD agar penerapannya dapat lebih tertib, efektif dan efisien serta akuntabel, maka kami dari Lembaga Pengembangan Pelatihan Akuntansi Keuangan dan Pemerintahan Daerah ( LPPAKPd ) bersama dengan Narasumber dari KEMENDAGRI RI dan Tim Penyusunan Aplikasi E-BLUD dari FISIF UI akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis dengan tema :
” SISTEM APLIKASI E-BLUD”
TEMPAT DAN JUGA TANGGAL PELAKSANAAN
- Senin - Kamis, 02 - 05 Sep 2024, Hotel Hi - Jakarta
- Rabu - Sabtu, 04 - 07 Sep 2024, Hotel J4 Legian - Bali
- Senin - Kamis, 09 - 12 Sep 2024, Hotel Hotel Yuan Garden - Jakarta
- Rabu - Sabtu, 11 - 14 Sep 2024, Hotel Abadi Malioboro - Yogyakarta
- Rabu - Sabtu, 18 - 21 Sep 2024, Hotel Pacific Palace Hotel - Batam
- Senin - Kamis, 23 - 26 Sep 2024, Hotel Grand Tebu - Bandung
- Rabu - Sabtu, 25 - 28 Sep 2024, Hotel Almadera - Makassar
- Rabu - Sabtu, 02 - 05 Oktober 2024, Hi Hotel - Jakarta
- Senin - Kamis, 07 - 10 Oktober 2024, Hotel Pacific Palace Hotel - Batam
- Rabu - Sabtu, 09 - 12 Oktober 2024, Hotel Almadera - Makassar
- Senin - Kamis, 14 - 17 Oktober 2024, Hotel Yuan Garden - Jakarta
- Rabu - Sabtu, 16 - 19 Oktober 2024, Hotel Abadi Malioboro - Yogyakarta
- Senin - Kamis, 21 - 24 Oktober 2024, Hotel Grand Tebu - Bandung
- Rabu - Sabtu, 23 - 26 Oktober 2024, Hotel J4 Legian - Bali
- Senin - Kamis, 28 - 31 Oktober 2024, Hotel Sparks Life Mangga Besar - Jakarta
- Surat beserta jadwal kegiatan akan dikirim setelah melakukan konfirmasi ke kami.
- Surat beserta jadwal dapat dikirim melalui Faximile/Email atau WhatsApp.
- Bagi Peserta minimal 10 orang dapat menentukan waktu, tempat dan materi kegiatan.
- Pendaftaran peserta paling lambat 5 hari sebelum pelaksanaan kegiatan
- Materi sesuai jadwal yang telah terlaksana bisa dijadwalkan kembali sesuai keinganan peserta
- Akomodasi Hotel 4 Hari 3 Malam 1 kamar 2 Orang (Twin Share), Konsumsi (Sarapan Pagi 3 kali, Makan Siang 2 kali, Makan Malam 3 Kali), (Coffee Break 2 kali per hari selama kegiatan bimtek), Tas Eksklusif, Makalah, Notebook, Pena/Pensil dan Sertifikat Bagi Peserta yang menginap.
- Bimtek 2 Hari, Makan Siang 2 Kali (Coffee Break 2 kali per hari selama kegiatan bimtek), Tas Eksklusif, Makalah, Notebook, Pena/Pensil dan Sertifikat Bagi Peserta yang tidak menginap.
- Antar jemput bandara ke hotel bagi peserta dengan jumlah minimal 8 orang.
- Telp/Fax : 021- 21470808
- HP : 081 288 688 911
- WhatsApp : 081 288 688 911
- Email : infolppakpd@gmaii.com
Fasilitas :
- Pertama Menginap Selama 4 Hari 3 Malam
- Kedua Pelatihan Juga di laksanakan Selam 2 Hari
- Ketiga Konsumsi; (Coffe Break, Breakfast, Lunch, dan Dinner)
- Keempat itu Kelengkapan Pelatihan, Sertifikan dan juga Tas Eksklusif
Pendaftaran :
- Pertama Daftar Peserta Dapat Juga Dikirik Melalui Fax, Email, dan WhatsApp
- Kedua Konfirmasi Pendaftaran Dapat Menghubungi Kontak Admin
- Ketiga Undangan Dikirim Setelah Ada Konfirmasi
- Keempat Pendaftaran Selambat – lambatntnya 2 Hari Sebelum Hari H ( Chek In )
- Kelima Kegiatan Permintaan Bimtek Luar Jakarta Minimal 15 Orang Peserta
Biaya Pendaftara :
- Rp. 4.500.000,- / Peserta Bagi Yang Menginap
- Rp. 3.000.000,- / Peserta Bagi Yang Non Menginap
Info Lebih Lanjut :
Telepon / WhatsApp : 081 288 688 911
Emai : infolppakpd@gmail.com
Penting :
- Calon peserta dapat juga mendaftarkan diri serta mengirim Nama, Jabatan dan Instansi melalui Fax, Email dan SMS
- Jadwal yang telah diposkan dan telah habis/terlaksana angkatannya, dan apaila ingin mengikuti bimtek dengan materi tersebut itu harap dikonfirmasi